Kasih kepada Allah Perintah Utama
6
1 Inilah perintah, yaitu ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan yang kuajarkan kepadamu atas perintah Allah, Tuhanmu, untuk dilaksanakan di negeri yang akan kamu masuki serta duduki 2 supaya engkau dan anak cucumu bertakwa kepada Allah, Tuhanmu, seumur hidupmu dengan memegang teguh segala ketetapan serta perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu. 3 Jadi, dengarlah baik-baik, hai Israil! Lakukanlah semua itu dengan setia supaya baik keadaanmu dan supaya jumlahmu menjadi sangat banyak di negeri yang berlimpah susu dan madu, seperti yang telah dijanjikan Allah, Tuhan nenek moyangmu, kepadamu.
4 *Dengarlah, hai Israil! Allah adalah Tuhan kita. Allah itu esa. 5 *Kasihilah Allah, Tuhanmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu. 6 *Simpanlah dalam hatimu perkataan-perkataan yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. 7 Ajarkanlah semua itu dengan saksama kepada anak-anakmu dan bicarakanlah itu ketika engkau duduk di rumahmu, ketika engkau dalam perjalanan, ketika engkau berbaring, dan ketika engkau bangun. 8 Ikatkanlah itu sebagai tanda peringatan pada tangan dan dahimu, 9 kemudian tuliskanlah pada tiang-tiang pintu rumahmu dan pada pintu-pintu gerbangmu.
10 *Nanti, apabila Allah, Tuhanmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyangmu, yaitu Ibrahim, Ishak, dan Yakub, untuk dikaruniakan kepadamu—kota-kota yang besar dan baik yang tidak kaubangun, 11 rumah-rumah yang penuh dengan segala sesuatu yang baik yang tidak kauisi, sumur-sumur yang tidak kaugali, kebun-kebun anggur dan pohon-pohon zaitun yang tidak kautanam—dan engkau makan sampai kenyang, 12 hati-hatilah, jangan sampai kaulupakan Allah yang telah membawamu keluar dari Tanah Mesir, dari tempat perhambaan.
13 *Bertakwalah kepada Allah, Tuhanmu, beribadahlah kepada-Nya, dan bersumpahlah demi nama-Nya. 14 Jangan ikuti ilah-ilah lain, yaitu ilah-ilah dari bangsa-bangsa yang ada di sekelilingmu, 15 karena Allah, Tuhanmu, yang hadir di tengah-tengahmu, adalah Tuhan yang tidak mau diduakan. Jangan sampai murka Allah, Tuhanmu, menyala atasmu sehingga engkau dipunahkan-Nya dari muka bumi.
16 *Jangan cobai Allah, Tuhanmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa. 17 Kamu harus benar-benar memegang teguh perintah-perintah Allah, Tuhanmu, serta peringatan-peringatan dan ketetapan-ketetapan yang disampaikan-Nya kepadamu. 18 Lakukanlah apa yang benar dan baik dalam pandangan Allah supaya keadaanmu baik dan engkau dapat memasuki serta menduduki negeri yang baik, yang telah dijanjikan Allah dengan bersumpah kepada nenek moyangmu 19 dengan menghalau semua musuhmu dari hadapanmu, seperti yang difirmankan Allah.
20 Apabila di kemudian hari anakmu bertanya kepadamu demikian, ‘Apa arti peringatan-peringatan, ketetapan-ketetapan, dan peraturan-peraturan yang diperintahkan Allah, Tuhan kita, kepadamu?’ 21 maka katakanlah kepada anakmu, ‘Dahulu kita adalah hamba Firaun di Mesir, tetapi Allah membawa kita keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat. 22 Di depan mata kita, Allah mengadakan tanda-tanda ajaib serta mukjizat-mukjizat besar yang membawa bencana bagi Mesir, bagi Firaun, dan bagi seisi istananya. 23 Lalu, Ia mengeluarkan kita dari sana, membawa kita masuk ke sini, dan mengaruniakan kepada kita negeri ini, seperti yang telah dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang kita. 24 Allah memerintahkan agar kita melaksanakan segala ketetapan ini dengan bertakwa kepada Allah, Tuhan kita supaya keadaan kita senantiasa baik dan supaya kita tetap hidup seperti pada hari ini. 25 Kita akan dinyatakan benar jika kita melakukan dengan setia segala perintah itu di hadapan Allah, Tuhan kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita.’