Sikap terhadap Penduduk Tanah Kanaan
7
1 * *Setelah Allah, Tuhanmu, membawa engkau ke negeri yang akan kaumasuki serta duduki, Ia akan menghalau banyak bangsa dari hadapanmu, yaitu orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus—tujuh bangsa yang lebih besar dan lebih kuat daripada kamu. 2 Pada saat Allah, Tuhanmu, menyerahkan mereka kepadamu sehingga mereka kaukalahkan, tumpaslah mereka sama sekali. Jangan mengikat perjanjian dengan mereka dan jangan kasihani mereka. 3 Jangan kawin-mawin dengan mereka. Jangan berikan anak perempuanmu kepada anak laki-laki mereka, dan jangan ambil anak perempuan mereka untuk menjadi istri anak laki-lakimu 4 karena mereka akan membuat anak laki-lakimu menyimpang, tidak lagi mengikuti Aku, dan kemudian beribadah kepada ilah-ilah lain. Jika demikian halnya, maka murka Allah akan menyala atas kamu dan Ia akan membinasakan engkau dengan segera. 5 *Sebaliknya, beginilah yang harus kamu lakukan terhadap mereka: Robohkanlah mazbah-mazbah, yaitu tempat-tempat pembakaran kurban mereka, hancurkanlah tiang-tiang berhala mereka, tebanglah patung-patung Dewi Asyera mereka, dan bakarlah habis patung-patung ukiran mereka, 6 *karena engkau adalah umat yang suci bagi Allah, Tuhanmu. Engkau telah dipilih oleh Allah, Tuhanmu, untuk menjadi umat kesayangan-Nya dari semua bangsa yang ada di muka bumi.
7 Allah terpaut kepadamu dan memilih kamu bukan karena jumlahmu lebih besar di antara segala bangsa—sesungguhnya kamu adalah yang terkecil di antara segala bangsa— 8 melainkan karena Allah mengasihi kamu dan memegang teguh sumpah yang diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu. Itulah sebabnya, Allah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan membebaskan kamu dari tempat perhambaan, dari tangan Firaun, raja Mesir. 9 *Sebab itu, ketahuilah bahwa Allah, Tuhanmu, Dialah Allah, Tuhan yang setia, yang memegang teguh perjanjian, dan menunjukkan rahmat-Nya terhadap orang yang mengasihi-Nya serta yang memegang teguh perintah-perintah-Nya sampai beribu-ribu keturunan. 10 Tetapi, terhadap orang yang membenci Dia, Ia mengadakan pembalasan dengan membinasakan orang itu. Ia tidak menunda-nunda untuk mengadakan pembalasan terhadap orang yang membenci Dia. 11 Sebab itu, lakukanlah dengan setia perintah-perintah, ketetapan-ketetapan, dan peraturan-peraturan yang kusampaikan kepadamu pada hari ini.
Janji Berkah
12 * *Jadi, apabila kamu mendengarkan peraturan-peraturan ini serta melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka Allah, Tuhanmu, akan memegang teguh perjanjian dan kasih abadi-Nya, yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyangmu. 13 Ia akan mengasihi engkau, memberkahi engkau, dan memperbanyak jumlahmu. Ia akan memberkahi buah kandunganmu, hasil tanahmu, yaitu gandummu, anggurmu, dan minyakmu, juga anak lembumu serta kawanan kambing dombamu di negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyangmu untuk dikaruniakan kepadamu. 14 Engkau akan diberkahi melebihi segala bangsa. Tidak akan ada seorang pun yang mandul di antaramu, baik laki-laki maupun perempuan, bahkan juga di antara ternak-ternakmu. 15 Allah akan menjauhkan segala penyakit darimu. Segala wabah mencelakakan yang kauketahui di Mesir tidak akan ditimpakan-Nya kepadamu, melainkan akan didatangkan-Nya kepada semua orang yang membenci engkau. 16 Engkau harus menghabisi segala bangsa yang diserahkan Allah, Tuhanmu, kepadamu. Jangan merasa iba terhadap mereka dan jangan beribadah kepada dewa-dewa mereka karena hal itu akan menjadi jerat bagimu.
17 Jika sekiranya engkau berpikir dalam hatimu, ‘Bangsa-bangsa itu lebih besar daripadaku. Bagaimana aku dapat menghalau mereka?’ 18 maka janganlah takut kepada mereka. Ingatlah baik-baik apa yang dilakukan Allah, Tuhanmu, terhadap Firaun dan terhadap semua orang Mesir, 19 yaitu cobaan-cobaan besar yang kamu lihat dengan matamu sendiri, tanda-tanda ajaib, mukjizat-mukjizat, kekuatan dan kuasa yang nyata. Dengan semua hal itu Allah, Tuhanmu, telah membawa engkau keluar. Demikian jugalah akan dilakukan Allah, Tuhanmu, terhadap segala bangsa yang kautakuti. 20 Selain itu, Allah, Tuhanmu, akan melepas serangga penyengat ke tengah-tengah mereka sampai orang-orang yang masih tertinggal dan yang menyembunyikan diri terhadap engkau habis binasa. 21 Janganlah gentar terhadap mereka karena Allah, Tuhanmu, hadir di tengah-tengahmu. Dialah Tuhan yang besar dan dahsyat. 22 Allah, Tuhanmu, akan menghalau bangsa-bangsa itu dari hadapanmu secara berangsur-angsur. Engkau tidak boleh menghabisi mereka sekaligus supaya jangan binatang liar melebihi kamu jumlahnya. 23 Allah, Tuhanmu, akan menyerahkan mereka kepadamu dan mengacaukan mereka dengan kekacauan yang besar sampai mereka punah. 24 Ia juga akan menyerahkan raja-raja mereka ke dalam tanganmu dan engkau akan melenyapkan nama mereka dari kolong langit. Tak seorang pun akan dapat bertahan di hadapanmu sampai mereka kaupunahkan. 25 Dewa-dewa mereka berupa patung-patung ukiran harus kamu bakar habis. Jangan ingini perak dan emas yang ada pada mereka, lalu mengambilnya bagi dirimu supaya jangan kamu terjerat olehnya, karena itu adalah hal keji bagi Allah, Tuhanmu. 26 Apa yang dipandang keji oleh-Nya jangan kaubawa masuk ke dalam rumahmu sehingga engkau pun harus dikhususkan untuk dimusnahkan seperti barang-barang itu. Engkau harus benar-benar membenci dan benar-benar memandang keji semua itu, karena itu semua akan dikhususkan untuk dimusnahkan.