Doa Nabi Daniel
9
1 Pada tahun pertama zaman Darius bin Ahasweros (keturunan orang Media), yang dijadikan raja atas kerajaan orang Kasdim— 2 *ya, pada tahun pertama pemerintahannya—aku, Daniel, memahami dari kitab-kitab bahwa jumlah tahun yang difirmankan Allah kepada Nabi Yeremia untuk menggenapi kerusakan Yerusalem adalah tujuh puluh tahun.a 3 Lalu, aku mengarahkan hati kepada Allah Taala dengan berikhtiar dalam doa dan permohonan, sambil berpuasa dan memakai kain kabung serta abu.
4 Aku berdoa kepada Allah, Tuhanku, dan mengaku dosa demikian, “Ya Allah, Tuhan yang besar dan dahsyat, yang memegang teguh perjanjian dan kasih abadi bagi orang-orang yang mencintai Engkau serta memegang teguh perintah-perintah-Mu, 5 kami telah berdosa, bersalah, berbuat fasik, dan mendurhaka. Kami telah menyimpang dari perintah-perintah-Mu dan peraturan-peraturan-Mu. 6 Kami tidak mendengarkan hamba-hamba-Mu, yaitu para nabi, yang berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, pembesar-pembesar kami, nenek moyang kami, dan kepada seluruh rakyat negeri.
7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, dan kamilah yang penuh rasa malu sebagaimana nyata pada hari ini—kami orang-orang Yuda, penduduk Yerusalem, dan semua orang Israil, baik mereka yang dekat maupun yang jauh, di segala negeri tempat Engkau menghalau mereka karena kemungkaran yang mereka lakukan terhadap Engkau. 8 Ya Tuhan, kamilah yang penuh rasa malu, begitu pula raja-raja kami, pembesar-pembesar kami, dan nenek moyang kami sebab kami telah berdosa terhadap Engkau.
9 Pada Allah Tuhan kami ada rahmat dan pengampunan walaupun kami telah mendurhaka terhadap Dia. 10 Kami tidak mematuhi Allah, Tuhan kami, untuk hidup menurut hukum-hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan hamba-hamba-Nya, para nabi. 11 Semua orang Israil telah melanggar hukum-Mu dan menyimpang karena tidak mematuhi-Mu. Sebab itu, kutuk dan sumpah yang tertulis dalam Kitab Suci Taurat yang disampaikan melalui Musa, hamba Allah itu, dicurahkan ke atas kami karena kami telah berdosa terhadap Allah. 12 Allah telah melaksanakan firman yang disampaikan-Nya atas kami dan atas para hakim yang memerintah kami dengan mendatangkan malapetaka besar atas kami. Di seluruh kolong langit belum pernah terjadi hal seperti yang telah terjadi di Yerusalem. 13 Seperti tertulis dalam Kitab Suci Taurat yang disampaikan Allah melalui Musa, segala malapetaka itu telah menimpa kami. Namun, kami tidak memohon belas kasihan Allah, Tuhan kami, dengan bertobat dari kesalahan-kesalahan kami dan bertindak bijaksana dalam kebenaran-Mu. 14 Sebab itu, Allah bersiap dengan malapetaka itu dan mendatangkannya atas kami karena Allah, Tuhan kami, adalah benar dalam segala perbuatan yang dilakukan-Nya, tetapi kami tidak mematuhi-Nya.
15 Sekarang, ya Allah, ya Rabbana, yang telah membawa umat-Mu keluar dari Tanah Mesir dengan tangan kuat dan yang menjadi masyhur sebagaimana nyata hari ini, kami telah berdosa, kami telah berbuat fasik. 16 Ya Tuhan, sesuai dengan segala kebenaran-Mu, surutkanlah kiranya amarah dan murka-Mu dari kota-Mu Yerusalem, yaitu gunung-Mu yang suci. Sungguh, karena dosa-dosa kami dan kesalahan-kesalahan nenek moyang kami, Yerusalem dan umat-Mu menjadi bahan celaan bagi semua orang di sekeliling kami. 17 Sekarang, ya Tuhan kami, dengarkanlah doa hamba-Mu dan permohonan-permohonannya. Demi Tuhan sendiri, biarlah hadirat-Mu menyinari tempat suci-Mu yang telah tandus ini. 18 Ya Tuhanku, perhatikanlah dan dengarkanlah! Pandanglah dan lihatlah kebinasaan kami serta kota yang disebut dengan nama-Mu. Permohonan-permohonan ini kami sampaikan ke hadirat-Mu bukan berdasarkan kebenaran kami, melainkan berdasarkan rahmat-Mu yang besar. 19 Ya Tuhan, dengarkanlah! Ya Tuhan, ampunilah! Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah! Demi nama-Mu, ya Tuhanku, jangan bertangguh karena nama-Mu diserukan atas kota-Mu dan atas umat-Mu!”
Tujuh Puluh Kali Tujuh Masab (490 Tahun)
20 Selagi aku berbicara dan berdoa, mengaku dosaku dan dosa bangsaku Israil, serta menyampaikan permohonanku ke hadirat Allah, Tuhanku, bagi gunung suci Tuhanku— 21 *ya, selagi aku berbicara dalam doa, Jibril, yang kulihat dalam penglihatan terdahulu itu, terbang dengan cepat mendatangiku kira-kira pada waktu persembahan petang. 22 Ia mengajari aku dan berbicara dengan aku, katanya, “Daniel, sekarang aku datang untuk memberikan kepadamu akal budi dan pengertian. 23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonanmu, keluarlah suatu firman. Lalu, aku datang untuk memberitahukannya kepadamu karena engkau adalah seorang yang sangat dikasihi. Jadi, perhatikanlah firman itu dan pahamilah penglihatan itu!
24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditentukan atas bangsamu dan atas kota sucimu untuk mengakhiri pelanggaran, untuk menghentikan dosa, untuk mengadakan pendamaian bagi kesalahan, untuk mendatangkan kebenaran yang kekal, untuk menggenapi penglihatan dan nubuat, dan untuk meminyaki Ruang Teramat Suci.
25 Sebab itu, ketahuilah dan pahamilah: Sejak keluarnya perintah untuk memugar dan membangun kembali Yerusalem sampai datangnya Orang Yang Dilantik, yaitu seorang raja, akan ada tujuh kali tujuh masa dan enam puluh dua kali tujuh masa. Kota itu akan dibangun kembali dengan tempat-tempat umum dan parit-paritnya, tetapi dalam masa kesulitan. 26 Setelah enam puluh dua kali tujuh masa, Orang Yang Dilantik itu akan dilenyapkan dan tidak akan memiliki apa-apa. Kota dan tempat suci itu akan dimusnahkan oleh rakyat dari seorang raja yang akan datang. Masa itu akan diakhiri dengan air bah dan sampai akhir zaman akan ada peperangan. Kebinasaan sudah ditentukan. 27 *Raja itu akan mengukuhkan perjanjian dengan banyak orang selama satu kali tujuh masa, dan pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan kurban sembelihan serta persembahan bahan makanan. Si pembinasa akan datang di atas sayap kejijikan sampai kesudahan yang telah ditentukan dicurahkan ke atas si pembinasa itu.”