Peringatan tentang Ibadah yang Sesat
13
1 Seandainya di antara kamu muncul seorang nabi atau seorang pemimpi, dan ia menunjukkan kepadamu suatu tanda ajaib atau mukjizat, 2 lalu tanda ajaib atau mukjizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi dan ia berkata, ‘Mari kita mengikuti ilah-ilah lain, yaitu ilah-ilah yang tidak kaukenal, dan mari kita beribadah kepadanya,’ 3 jangan dengarkan perkataan nabi atau pemimpi itu karena Allah, Tuhanmu, sedang menguji kamu untuk mengetahui apakah kamu sungguh-sungguh mengasihi Allah, Tuhanmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. 4 Ikutilah Allah, Tuhanmu, dan bertakwalah kepada-Nya. Peganglah teguh perintah-perintah-Nya dan patuhilah Dia. Beribadahlah kepada-Nya dan berpautlah kepada-Nya. 5 Nabi atau pemimpi itu harus dihukum mati karena ia telah memicu pemberontakan terhadap Allah, Tuhanmu, yang membawa kamu keluar dari Tanah Mesir dan yang membebaskan engkau dari tempat perhambaan. Pemimpi itu bermaksud menyesatkan kamu dari jalan yang diperintahkan Allah, Tuhanmu, kepadamu untuk ditempuh. Maka, singkirkanlah yang jahat itu dari antaramu.
6 Apabila saudara laki-lakimu (anak ibumu), anak laki-lakimu, anak perempuanmu, istrimu sendiri, atau sahabatmu yang paling karib membujuk engkau secara diam-diam dengan berkata, ‘Mari kita beribadah kepada ilah-ilah lain,’ ilah-ilah yang tidak dikenal olehmu atau oleh nenek moyangmu, 7 yaitu ilah dari bangsa-bangsa yang ada di sekelilingmu, baik yang dekat maupun yang jauh, dari ujung bumi sampai ke ujung bumi, 8 jangan turuti dan jangan dengarkan dia. Jangan merasa iba atau sayang kepadanya dan jangan lindungi dia, 9 melainkan engkau harus menghukumnya mati. Tanganmulah yang pertama-tama harus bergerak untuk menghukumnya mati, kemudian barulah tangan seluruh umat. 10 Rajamlah dia dengan batu hingga mati sebab ia berusaha menyesatkan engkau dari Allah, Tuhanmu, yang telah membawa engkau keluar dari Tanah Mesir, dari tempat perhambaan. 11 Maka, semua orang Israil akan mendengar hal itu dan menjadi takut sehingga mereka tidak lagi melakukan perkara jahat semacam itu di antaramu.
12 Jika di salah satu kota yang dikaruniakan Allah, Tuhanmu, kepadamu untuk dihuni kaudengar orang berkata 13 bahwa beberapa orang bejat muncul dari antara kamu dan menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata, ‘Mari kita beribadah kepada ilah-ilah lain,’ yaitu ilah-ilah yang tidak kamu kenal, 14 maka engkau harus menanyakan, memeriksa, dan menyelidiki hal itu baik-baik. Kalau ternyata hal itu benar dan sudah pasti bahwa hal keji itu dilakukan di antara kamu, 15 maka engkau harus menghantam penduduk kota itu dengan mata pedang. Tumpaslah kota itu serta segala isinya dan juga ternaknya dengan mata pedang. 16 Kumpulkanlah segala jarahan ke tengah-tengah lapangan, lalu bakarlah habis kota dengan jarahan itu sekaligus untuk dipersembahkan kepada Allah, Tuhanmu. Semua itu akan menjadi timbunan puing untuk selama-lamanya dan tidak akan dibangun kembali. 17 Jangan biarkan satu pun dari barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan itu melekat pada tanganmu. Dengan demikian, Allah akan berpaling dari murka-Nya yang menyala-nyala, menunjukkan belas kasihan-Nya kepadamu, menyayangi engkau, dan membuat engkau menjadi banyak, seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyangmu 18 karena engkau mematuhi Allah, Tuhanmu, memegang teguh segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, dan melakukan apa yang benar dalam pandangan Allah, Tuhanmu.