Nabi Yusuf di Rumah Potifar
39
1 Sementara itu, Yusuf dibawa ke Mesir. Kemudian, Potifar, pegawai istana Firaun dan kepala pengawal raja, seorang Mesir, membeli dia dari tangan orang Ismail yang membawanya ke sana.
2 *Allah menyertai Yusuf sehingga ia menjadi seorang yang berhasil dalam pekerjaannya. Ia tinggal di rumah tuannya, orang Mesir itu. 3 Tuannya melihat bahwa Allah menyertai Yusuf dan bahwa Allah membuat segala sesuatu yang dikerjakannya berhasil. 4 Sebab itu, ia berkenan pada Yusuf dan memperbolehkan dia untuk melayaninya. Ia pun menugaskan Yusuf untuk mengatur rumahnya. Segala miliknya diserahkannya ke dalam wewenang Yusuf. 5 Sejak Yusuf ditugaskan untuk mengatur rumahnya dan segala miliknya, Allah memberkahi rumah tangga orang Mesir itu karena Yusuf. Berkah Allah melimpahi segala miliknya, baik yang ada di dalam rumah maupun yang ada di ladang. 6 Maka, ia menyerahkan segala sesuatu yang dimilikinya ke dalam wewenang Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak perlu memikirkan apa-apa lagi, selain makanan yang hendak dimakannya.
Yusuf adalah seorang yang bagus perawakannya dan tampan parasnya. 7 Setelah beberapa waktu lamanya, istri tuannya mengerlingkan mata pada Yusuf dan berkata, “Mari, tidurlah dengan aku.”
8 Tetapi, Yusuf menolaknya. Katanya kepada istri tuannya itu, “Sesungguhnya, dengan bantuanku tuanku itu tidak perlu memikirkan apa-apa lagi di rumah ini. Segala sesuatu yang dimilikinya telah diserahkannya ke dalam wewenangku. 9 Di dalam rumah ini tidak ada seorang pun yang lebih besar wewenangnya daripada aku, dan tuanku tidak menahan apa pun dari aku, selain Nyonya karena Nyonya istrinya. Bagaimana mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berdosa terhadap Allah?” 10 Jadi, meskipun ia membujuk Yusuf hari demi hari, Yusuf tidak mau mendengarkan bujukannya untuk tidur di sisinya, bahkan sekadar untuk menyertainya.
11 Pada suatu hari, Yusuf masuk ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya. Tak seorang pun ada di dalam rumah pada saat itu. 12 Lalu, perempuan itu memegang jubah Yusuf sambil berkata, “Mari, tidurlah dengan aku!” Tetapi, Yusuf meninggalkan jubahnya di tangan perempuan itu, lalu lari keluar.
13 Ketika perempuan itu melihat bahwa Yusuf meninggalkan jubahnya di tangannya dan lari keluar, 14 dipanggilnyalah seisi rumahnya. Katanya kepada mereka, “Lihat, dibawanya kepada kita seorang Ibrani untuk mempermainkan kita! Ia masuk untuk tidur dengan aku, tetapi aku berteriak dengan suara nyaring. 15 Begitu didengarnya aku berteriak dengan suara nyaring, ditinggalkannya jubahnya padaku, lalu lari keluar.”
16 Perempuan itu menaruh jubah Yusuf di sisinya sampai tuannya pulang ke rumah. 17 Lalu, perkataan itu pulalah yang disampaikan perempuan itu kepada Potifar, katanya, “Hamba Ibrani yang kaubawa untuk kita itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku. 18 Tetapi, ketika aku berteriak dengan suara nyaring, ditinggalkannya jubahnya padaku, lalu lari keluar.”
19 Setelah Potifar mendengar perkataan yang disampaikan istrinya kepadanya, “Begitulah hambamu memperlakukan aku,” maka menyalalah amarahnya. 20 Yusuf pun diambil oleh tuannya, lalu dimasukkan ke dalam penjara, tempat para tahanan raja ditahan. Maka, terpenjaralah Yusuf di situ.
21 *Akan tetapi, Allah menyertai Yusuf dan menunjukkan kasih-Nya kepadanya. Ia membuat kepala penjara itu berkenan kepada Yusuf. 22 Lalu, kepala penjara itu menyerahkan semua tahanan dalam penjara itu ke dalam pengawasan Yusuf. Segala sesuatu yang harus dikerjakan di situ, Yusuflah yang mengerjakannya. 23 Kepala penjara itu tidak perlu mengurus lagi segala sesuatu yang sudah ditangani Yusuf sebab Allah menyertai dia dan Allah membuat apa yang dikerjakannya berhasil.