Kebangkitan Isa
16
1 Setelah hari Sabat berlalu, Maryam dari Magdala, Maryam ibu Yakub, dan Salomé membeli rempah-rempah untuk merempahi jenazah Isa. 2 Saat subuh pada hari pertama minggu itu, mereka pergi ke makam setelah matahari terbit. 3 Kemudian, kata mereka seorang kepada yang lain, “Siapakah yang akan menggulingkan batu pintu makam itu bagi kita?” 4 Tetapi, ketika mereka tiba, mereka melihat bahwa ternyata batu itu sudah digulingkan—memang batu itu sangat besar. 5 Maka, masuklah mereka ke dalam makam itu. Lalu, mereka melihat seorang muda dengan jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka merasa heran. 6 Ia berkata kepada mereka, “Jangan heran! Kamu mencari Isa, orang Nazaret yang telah disalibkan itu. Ia sudah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihatlah tempat bekas Ia dibaringkan. 7 *Sekarang pergilah, katakan kepada para pengikut-Nya dan juga kepada Petrus bahwa Ia akan mendahului kamu ke Galilea. Di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang telah disabdakan-Nya kepadamu.” 8 Lalu, mereka keluar dan lari meninggalkan makam itu. Rasa gentar dan takjub menyelimuti mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun karena mereka merasa takut.
Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu, Isa dengan perantaraan para pengikut-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang suci dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.
Isa Beberapa Kali Menampakkan Diri dan Mengutus Pengikut-pengikut-Nya
Isa Terangkat ke Surga
9 Pagi-pagi sekali setelah Isa bangkit, yaitu pada hari pertama minggu itu, Ia memperlihatkan diri-Nya kepada Maryam dari Magdala. Dari dalam diri Maryam itu Isa pernah mengusir tujuh setan. 10 Lalu, perempuan itu pergi memberitahukan hal itu kepada mereka yang dahulu selalu bersama-sama dengan Isa. Pada waktu itu, mereka sedang berdukacita dan menangis. 11 Tetapi, ketika mereka mendengar bahwa Isa hidup dan bahwa perempuan itu telah menyaksikannya sendiri, mereka tidak percaya.
12 Setelah kejadian itu, Isa menampakkan diri-Nya dalam rupa lain kepada dua orang dari antara pengikut-Nya yang sedang dalam perjalanan menuju salah satu desa. 13 Lalu, keduanya kembali untuk memberitahukan hal itu kepada pengikut-pengikut-Nya yang lain, tetapi mereka tetap saja tidak percaya.
14 Kemudian, Isa menampakkan diri kepada kesebelas pengikut-Nya pada saat mereka sedang makan. Ia mencela ketidakpercayaan dan kekerasan hati mereka sebab mereka tidak mempercayai orang-orang yang telah melihat Dia setelah kebangkitan-Nya. 15 *Lalu, Ia bersabda kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada semua makhluk. 16 Siapa yang percaya dan dipermandikan akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Dengan nama-Ku mereka akan mengusir setan-setan; mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka; 18 mereka akan memegang berbagai ular; dan sekalipun mereka minum sesuatu yang mendatangkan maut, mereka tidak akan celaka; mereka akan meletakkan tangan mereka atas orang-orang sakit, lalu orang-orang itu menjadi sembuh.”
19 *Setelah Isa, Junjungan Yang Ilahi, bersabda kepada mereka, Ia terangkat ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah. 20 Lalu, pergilah mereka untuk memberitakan Injil ke segenap penjuru, dan Tuhan pun turut bekerja serta meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda ajaib yang menyertainya.