Kebangkitan Isa
28
1 Setelah lewat hari Sabat, yaitu hari pertama minggu itu, Maryam dari Magdala dan Maryam yang lain datang untuk melihat makam itu, saat hari hampir siang. 2 Tiba-tiba terjadilah gempa bumi yang amat dahsyat. Malaikat Tuhan turun dari surga untuk menggulingkan batu penutup makam itu, lalu duduk di atasnya. 3 Rupa malaikat itu berkilauan seperti kilat dan pakaiannya putih seperti salju. 4 Karena takutnya, para pengawal gemetar dan menjadi seperti orang-orang mati. 5 Kemudian, malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu, “Janganlah takut! Aku tahu, kamu mencari Isa yang telah disalibkan itu. 6 Ia tidak ada di sini karena Ia sudah bangkit, seperti yang telah disabdakan-Nya. Mari, lihatlah tempat bekas Ia dibaringkan. 7 Karena itu, pergilah segera dan katakan kepada para pengikut-Nya bahwa Ia sudah bangkit dari antara orang mati dan bahwa Ia akan mendahului kamu ke Galilea. Di sana kamu akan melihat Dia. Ingatlah, aku sudah mengatakannya kepadamu.” 8 Lalu, mereka cepat-cepat pergi meninggalkan makam itu dengan perasaan takut bercampur gembira. Mereka lari untuk memberitahukan hal itu kepada para pengikut-Nya. 9 Tiba-tiba Isa menjumpai mereka serta berkata, “Salam bagimu.” Lalu, perempuan-perempuan itu mendekati Isa, menyentuh kaki-Nya, serta sujud di hadapan-Nya. 10 Sabda Isa kepada mereka, “Jangan takut! Pergi dan beritahukanlah kepada saudara-saudara-Ku supaya mereka pergi ke Galilea. Di sana mereka akan melihat Aku.”
Dusta Mahkamah Agama
11 Sementara kedua perempuan itu masih dalam perjalanan, para penjaga makam telah sampai di kota dan memberitahukan segala sesuatu yang terjadi kepada imam-imam kepala. 12 Setelah mereka berkumpul dengan para tua-tua dan membicarakan hal itu, mereka memberikan uang perak secukupnya kepada para pengawal itu 13 serta berpesan, “Kamu harus mengatakan bahwa ketika kamu sedang tidur, para pengikut-Nya datang pada malam hari dan mencuri jenazah-Nya. 14 Jika hal ini sampai terdengar oleh penguasa setempat, kami akan meyakinkan dia supaya kamu tidak mendapat kesulitan.” 15 Mereka mengambil uang itu, lalu melakukan seperti yang dipesankan kepada mereka. Cerita itu kemudian tersebar di antara orang Israil, bahkan sampai sekarang ini.
Perintah untuk Memberitakan Kabar Baik
16 *Kemudian, kesebelas pengikut Isa pergi ke salah satu bukit di wilayah Galilea sesuai dengan yang telah ditunjuk oleh Isa sebelumnya. 17 Ketika mereka melihat Dia, mereka pun sujud di hadapan-Nya walaupun ada juga yang masih ragu-ragu. 18 Isa mendekati mereka dan bersabda, “Segala wewenang dan kuasa, baik di surga maupun di bumi, sudah diserahkan kepada-Ku. 19 *Sebab itu, pergilah, jadikanlah semua suku bangsa pengikut-Ku dan permandikanlah mereka dalam nama Sang Bapa, Sang Anak, dan Ruh Allah Yang Mahasuci. 20 Ajarlah mereka menaati segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu dan ingatlah, Aku menyertai kamu sampai kesudahan zaman.”