Godaan di Padang Belantara
4
1 *Setelah itu, Isa dibawa oleh Ruh Allah ke padang belantara untuk digoda oleh Iblis. 2 Ia berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam, lalu Ia pun menjadi lapar. 3 Kemudian, datanglah si penggoda kepada-Nya serta berkata, “Kalau Engkau adalah Sang Anak yang datang dari Allah, suruhlah batu-batu itu menjadi roti.” 4 *Tetapi, Ia menjawab, “Telah tertulis, ‘Manusia hidup bukan dari roti saja, melainkan dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.’ ”
5 Kemudian, Isa dibawa oleh Iblis ke kota suci dan ditempatkan di puncak bangunan Bait Allah. 6 *Kata Iblis kepada-Nya, “Kalau Engkau adalah Sang Anak yang datang dari Allah, terjunlah! Karena telah tertulis, ‘Allah akan menyuruh para malaikat-Nya untuk menjaga-Mu, dan mereka akan menatang Engkau dengan tangannya sehingga kaki-Mu tidak terantuk batu.’ ” 7 *Sabda Isa kepadanya, “Telah tertulis pula, ‘Janganlah engkau mencobai Allah, Tuhanmu.’ ” 8 Selanjutnya, Iblis membawa Isa ke atas sebuah gunung yang tinggi sekali dan kepada-Nya diperlihatkan semua kerajaan dunia dengan kemegahannya. 9 Berkatalah Iblis kepada-Nya, “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu jika Engkau sujud di hadapanku.” 10 *Lalu, sabda Isa kepadanya, “Pergilah, hai Iblis! Karena telah tertulis, ‘Sembahlah Allah, Tuhanmu, dan hanya kepada-Nya sajalah kamu harus beribadah!’ ” 11 Akhirnya Iblis pun undur dari hadapan-Nya, lalu para malaikat datang untuk melayani Dia.
Isa Tampil di Galilea
12 *Ketika Isa mendengar bahwa Yahya telah ditangkap, Ia pergi ke wilayah Galilea. 13 *Ia meninggalkan Kota Nazaret, lalu menetap di Kota Kapernaum yang letaknya di tepi pantai, di Tanah Zebulon dan Naftali. 14 Dengan demikian, genaplah firman yang disampaikan melalui Nabi Yesaya,
15 *“Hai Tanah Zebulon dan Tanah Naftali, jalan ke laut, di seberang Sungai Yordan, daerah Galilea yang dihuni orang-orang yang tidak termasuk bani Israil—
16 bangsa yang tinggal dalam kegelapan telah melihat terang yang cemerlang, dan bagi orang-orang yang tinggal di tempat yang dinaungi maut telah terbit terang.”
17 *Sejak saat itu Isa mulai memberitakan, “Bertobatlah, karena Kerajaan Surga sudah dekat!”
Isa Memanggil Pengikut-pengikut-Nya yang Pertama
18 Ketika Isa berjalan di tepi Danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau itu karena mereka adalah penjala ikan. 19 Lalu, sabda Isa kepada mereka, “Mari ikutlah Aku, dan Aku akan menjadikan kamu penjala manusia.” 20 Mereka segera meninggalkan jala mereka, lalu mengikut Dia. 21 Kemudian, Isa melanjutkan perjalanan-Nya dan Ia melihat dua orang bersaudara lainnya dalam sebuah perahu, yaitu Yakub dan Yahya. Pada waktu itu mereka sedang memperbaiki jala bersama-sama dengan Zabdi, ayah mereka. Lalu, Isa memanggil mereka. 22 Mereka segera meninggalkan perahu dan ayah mereka, lalu mengikut Dia.
Isa Mengajar dan Menyembuhkan Banyak Orang
23 *Isa berjalan mengelilingi seluruh wilayah Galilea. Ia mengajar di rumah-rumah ibadah mereka, memberitakan Injil Kerajaan Surga, dan menyembuhkan semua penyakit serta kelemahan di antara mereka. 24 Berita mengenai diri-Nya tersiar di seluruh Siria. Lalu, orang-orang yang terkena berbagai macam penyakit serta penderitaan, yang kerasukan, sakit ayan, dan yang lumpuh, dibawa kepada-Nya, dan Ia pun menyembuhkan mereka. 25 Banyak sekali orang mengikuti Dia. Mereka berasal dari wilayah Galilea, Dekapolis, Yerusalem, Yudea, dan dari seberang Yordan.